Sudah Saatnya Perpustakaan Daerah Kabupaten Pelalawan Bertransformasi ke Layanan Digital

Sudah Saatnya Perpustakaan Daerah Kabupaten Pelalawan Bertransformasi ke Layanan Digital

Perpustakaan Daerah Kabupaten Pelalawan mendapatkan akreditasi baik (B) pada tahun 2020 lalu. Meskipun begitu, Perpustakaan Daerah Kabupaten Pelalawan masih banyak memiliki pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan. Saat ini, zaman yang semakin canggih dan serba digital menuntut seluruh kegiatan serba cepat dan mudah. Begitu pun dengan sistem pelayanan di perpustakaan.

Awal tahun 2021, Perpustakaan Kabupaten Pelalawan dibawah naungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan mulai menyiapkan peralatan-peralatan pendukung guna mengaktifkan aplikasi Slims. Aplikasi slims (Senayan Library Management System) adalah sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (Open Source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Kemendikbud. Aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan koleksi tercetak dan terekam yang ada di perpustakaan. (https://perpustakaan.kemdikbud.go.id)

Pada Juni 2022, pegawai perpustakaan semakin semangat mewujudkan transformasi sistem pelayanan perpustakaan. Selain sistem pelayanan perpustakaan yang bertransformasi, pustakawan dan tenaga perpustakaan lainnya juga wajib mengembangkan potensinya sebagai sumber daya manusia yang mau belajar dan melek terhadap teknologi. Sejatinya, kesuksesan dari suatu pekerjaan terjadi ketika orang-orang memiliki visi dan misi yang sama, mau bekerjasama demi mewujudkan perpustakaan berbasis layanan digital. Dalam sistem pelayanan perpustakaan digital nantinya, sudah tidak ada lagi peminjaman buku yang dicatat secara manual. Pemustaka akan semakin mudah dalam mencari buku-buku yang diinginkan serta mudah mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan. 

Kategori
:
Berita Pelalawan
Tanda :
melek_literasiDiskarpus_pelalawanOPD PelalawanPelalawan
BAGIKAN :
Tweet Share Share